Sabtu, 01 Juni 2013

Sistem Pembelajaran Inkuiri

Pengertian Sistem Pembelajaran Inkuiri.
Sistem Pembelajaran Inkuiri : rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Strategi pembelajaran ini menekankan kepada proses mencari dan menemukan. Meteri pelajaran tidak diberikan secara langsung. Peran siswa dalam strategi ini adalah mencari dan menemukan sendiri materi pelajaran, sedangkan guru berprran sebagai fasilitator dan pembimbing siswa untuk belajar.

 Konsep Dasar  Sistem Pembelajaran Inkuiri.
Konsep dasar sistem pembelajaran inkuiri menekankan pada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan artinya strategi inkuiri menempatkan siswa sebagai subjek belajar (siswa: subjek). seluruh aktivitas yang dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri sehingga muncul sikap percaya diri (self belief), menempatkan guru sebagai fasilitator bukan sumber belajar. Tujuannya untuk mengembangkan kemampuan berpikir secara sistematis, logis, dan kritis (mengembangkan kemampuan intelektual sebagai bagian dari proses mental).

Strategi Pembelajaran Inkuiri yang Efektif
Strategi pembelajaran inkuiri akan efektif apabila (1) Guru mengharapkan siswa dapat menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan yang   ingin dipecahkan. Dengan demikian dalam strategi inkuiri penguasaan materi pelajaran bukan  sebagai tujuan utama pembelajaran, akan tetapi yang lebih dipentingkan adalah proses belajar. (2) Bahan pelajaran yang akan diajarkan tidak berbentuk fakta atau konsep yang sudah jadi, akan  tetapi sebuah kesimpulan yang perlu pembuktian. (3) Proses pembelajaran berangkat dari rasa ingin tahu siswa terhadap sesuatu. (4) Guru akan mengajar pada sekelompok siswa yang rata – rata memiliki kemauan dan kemampuan berpikir. Strategi inkuiri akan kurang berhasil diterapkan kepada siswa yang kurang memiliki kemampuan untuk berpikir. (5) Jumlah siswa yang belajar tak terlalu banyak sehingga bisa dikendalikan guru, dan (6) Guru memiliki waktu yang cukup untuk menggunakan pendekatan berpusat pada siswa.


 Prinsip – prinsip Penggunaan Sistem Pembelajaran Inkuiri, diantaranya :
  1. Berorientasi pada pengembangan intelektual: pengembangan kemampuan berpikir, aktivitas siswa  mencari dan menemukan sesuatu
  2.  Prinsip interaksi: proses pembelajaran pada dasarnya merupakan proses interaksi, guru merupakan pengatur interaksi 
  3. Prinsip bertanya: sesuai dengan peran guru dalam pembelajaran inkuiri adalah sebagai penanya, sehingga guru harus menguasai teknik bertanya yang baik 
  4. Prinsip belajar untuk berpikir: belajar adalah proses berpikir (learning how to think), mengembangkan potensi otak 
  5. Prinsip keterbukaan: belajar merupakan proses mencoba berbagai kemungkinan, guru memberi kesempatan siswa untuk mengembangkan hipotesis dan secara terbuku membuktikan kebenaran hipotesis.
Langkah Pelaksanaan Sistem Pembelajaran Inkuiri.
a.    Orientasi
Guru mengkondisikan siswa siap belajar dengan merangsang dan mengajak siswa untuk memecahkan masalah. Hal-hal yang perlu diperhatikan: (a).menjelaskan topik tujuan, dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa; (b). menjelaskan pokok-pokok kegiatan (langkah2 inkuiri) yang harus dilakukan oleh siswa untuk mencapai tujuan; (c). menjelaskan pentingnya topik dan kegiatan belajar.

b.    Merumuskan masalah
         Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam merumuskan masalah: (a). Dirumuskan sendiri oleh siswa, guru hanya memberi topik; (b). Masalah yang dikaji mengandung  teka-teki yang jawabannya pasti; (c). Konsep dalam masalah merupakan konsep yang sudah diketahui sebelumnya oleh siswa.

c.    Mengajukan hipotesis
        Dilakukan dengan memberikan berbagai pertanyaan yang akan mendorong siswa untuk membuat kesimpulan sementara.

d.   Mengumpulkan data
Aktivitas menjaring informasi yang digunakan untuk menguji hipotesis, tugas guru memberi pertanyaan2 yang dapat mendorong siswa untuk berpikir mencari informasi yang dibutuhkan.

e.    Menguji hipotesis
Menentukan jawaban yang dianggap dapat diterima sesuai dengan data/informasi yang diperoleh, menguji hipotesis berarti mengembangkan kemampuan berpikir rasional.

f.     Merumuskan kesimpulan
Merumuskan kesimpulan adalah proses mendeskripsikan temuan yang diperoleh berdasarkan hasil pengujian hipotesis.

Kesulitan – kesulitan Penerapan Sistem Pembelajaran Inkuiri.
SPI merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses berpikir yang bersandarkan kepada dua sayap yang sama pentingnya yaitu : proses belajar dan hasil belajar. Sejak lama tertanam dalam budaya belajar siswa bahwa belajar pada dasarnya adalah menerima materi pelajaran dari guru, dengan demikian bagi mereka guru adalah sumber belajar yang utama. Sistem pendidikan yang belum konsisten antara pola belajar (harus student centered) dan evaluasi (masih ada UAN).

Keunggulan dan Kelemahan Sistem Pembelajaran Inkuiri
1.    Keunggulan inkuiri, diantaranya : (1) SPI merupakan strategi pembelajaran yang menekankan kepada pengembangan aspek kognitif,  afektif dan psikomotor secara seimbang, sehingga pembelajaran melalui strategi ini dianggap lebih bermakna. (2) SPI dapat memberikan ruang kepada siswa untuk belajar sesuai dengangayabelajar mereka. (3) SPI merupakan strategi yang dianggap sesuai dengan perkembangan psikologi belajar modern yang menganggap belajar adalah proses perubahan tingkah laku berkat adanya pengalaman, dan (4) SPI ini dapat melayani kebutuhan siswa yang memiliki kemampuan di atas rata – rata.

2.    Kelemahan inkuiri, diantaranya : (1) Jika SPI digunakan sebagai strategi pembelajaran, maka akan selit mengontrol kegiatan dan keberhasilan siswa. (2) Strategi ini sulit dalam merencanakan pembelajaran oleh karena terbentur dengan kebiasaan  siswa dalam belajar. (3) Kadang – kadang dalam mengimplementasikannya, memerlukan waktu yang panjang sehingga sering guru sulit menyesuaikannya dengan waktu yang telah ditentukan, dan (4) Selama kriteria keberhasilan belajar ditentukan oleh kemampuan siswa menguasai materi pelajaran, maka SPI akan sukit diimplementasikan oleh setiap guru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar