Sabtu, 08 Juni 2013

Konsep Pendidikan Dan Perkembangan IPS Di Indonesia

Sistem pendidikan di indonesia terdapat 3 jenis program pendidikan sosial yaitu ilmu-ilmu sosial (IIS), pendidikan ilmu pengetahuan sosial (PIPS) dan pendidikan disiplin ilmu pengetahuan sosial (PDIPS). IIS dikelola dan dibina di fakultas-fakultas keilmuan sosial dan humonaria murni, PIPS merupakan program pendidikan sosial pada jalur pendidikan sekolah dan luar sekolah sedangkan PDIPS merupakan program pendidikan guru IPS yang  dikelola dan dibina di fakultas pendidikan IPS (sosial).
Tujuan utama dari program ini adalah untuk menghasilkan guru IPS dan PPKN yang pada dasarnya menguasai konsep-konsep esensial ilmu-ilmu sosial dan materi disiplin ilmu lainnya dan mampu membelajarkan peserta didiknya secara bermakna. Oleh karena itu, dalam program pendidikan ini dituntut untuk mempelajari 3 kelompok program kulikuler yaitu diantaranya :
1.      kelompok mata keilmuan sosial dalam rangka pembelajaran IPS,
2.      teknologi pembelajaran IPS dan kurikulum
3.       pembelajaran IPS persekolahan. 
Konten dari kelompok ketiga mata kuliah ini perlu dilihat secara konseptual sebagai suatu sistem pengetahuan terpadu dalam rangka perkembangan kemampuan kepribadian, dan kewenangan guru IPS dan PPKN.
Konsep ‘social studies’ secara umum berkembang di Amerika Serikat merupakan salah satu negara yang telah menunjukkan reputasi akademis dalam bidang sosial, seperti dengan berdirinya National Council for The Social Studies (NCSS) pada tanggal 20-30 November 1935. Dalam pertemuan ini, disepakati bahwa ‘social science as the core of the curriculum’  yaitu menmpatkan bahwa social studies sebagai core curriculum. Sedangkan pada tahun 1937, pilar historis-epiostemologis, social studies yang pertama, berupa suatu definisi tentang ‘social studies’ yang berawal dari Edgar Bruce Wesley yaitu The Social Studies Are The Social Science Simplified Pedagogical Purpose yang artinya bahwa ‘The Social Studies’ adalah ilmu-ilmu sosial yang disederhanankan untuk tujuan pendidikan. Kemudian dikembangkan bahwa social studies berisikan asfek-asfek ilmu sejarah, ilmu ekonomi, ilmu politik, sosiologi, antropologi, psikologi, ilmu geografi dan filsafat. Berdasarkan pengamatan Edgar Bruce Wesley selama 40-an tahun bahwa bidang social studies mengalami perkembangan dengan adanya ketidak menentuan berkeputusan, kebersatuan, dan kemajuan terutama pada tahun 1940-1970-an. Pada periode ini, merupakan periode yang sangat sulit dalam menjalankan social studies . antara tahun 1940-1950-an, ‘social studies’ mendapat serangan dari segala penjuru yang pada adasarnya berkisar pada pernyataan mesti atau tidaknya ‘social studies’ menanamkan nilai dan sikaf demokratis kepada para pemuda.
Pada tahun 1960-an timbul suatu gerakan akademis yang mendasar dalam pendidikan, yang secara khusus dapat dipandang sebagai suatu revolusi dalam bidang social studies yang di pelopori oleh para sejarawan dan ahli ilmu-ilmu sosial. Kedua kelompok ilmuan ini terpikat oleh ‘social studies’ karena pada saat pemerintahan federal menyediakan dana yang sangat besar untuk pengembangan kurikulum. Dengan dana ini, para ahli bekerja sama untuk mengembangkan proyek kurikulum dan memproduksi bahan belajar yang sangat inovatif dan menantang dalam skala besar. Gerakan akademis tersebut dikenal sebagai gerakan ‘The New Social Studies’.
Namun demikian, sampai tahun 1970-an ternyata gagasan untuk mendapatka The New Social Studies ini belum menjadi kenyataan. Isu yang terus menerus menerpa social studies adalah mengenai perlu tidaknya indoktrinasi, tujuan pembelajaran yang saling bertentangan dan pertikaian mengenai isi pembelajaran. Pada tahun 1940-1960 terjadi tarik menarik antara dua divisi social studies, disatu pihak adanya gerakan untuk mengintegrasikan berbagai  disiplin ilmu sosial untuk tujuan citizenship education  dan dilain pihak terus bergulirnya gerakan pemisahan berbagai disiplin ilmu sosial yang cenderung memperlemah konsepsi social studies education. Hal ini merupakan dampak dari berbagai penelitian yang di rancang untuk mempengaruhi kurikulum sekolah, terutama yang berkenaan dengan pengertian dan sikap siswa. Selain itu, merupakan dampak dari opini publik berkaitan dengan perang dunia II, perang dingin, dan perang korea serta keritik publik terhadap belum terwujudnya gagasan john Dewey tentang pengembangan kemampuan berpikir kritis dalam praktik pendidikan persekolah.
Gerakan The New Social Studies yang menjadi pilar dari perkembangan social studies pada tahun 1960-an bertolak dari kesimpulan bahwa ‘social studies’ di nilai sangat tidak efektif dalam mengajarakan subtansi dan mempengaruhi perubahan siswa. Oleh karena itu sejarawan dan ahli-ahli ilmu bersatu padu untuk bergerak meningkatkan social studies kepada taraf higher level of intellectual pursuit yakni mempelajari ilmu sosial secara mendasar. Dengan orientasi maka di mulailah era modus pembelajaran social studies education.
Dari berbagai pandangan mendorong timbulnya upaya mentransformasikan ‘social studies’ ke dalam ‘social science’ dan mengajarkan sebagai disiplin akademik yang terpisah. Gerakan ini yang mendorong berdirirnya The Social Science Education Concortium (SSEC) yang kemudian menerbitkan bukunya yang pertama concept and stucture in The New Social Studies Curriculum.
Pada akhir 1960-an adanya perubahan dari orientasi pada disiplin akademik yang terpisah-pisah ke suatu upaya untuk mencari hubungan interdisipliner. Definisi ‘social studies’ dan pengidentifikasian ‘social studies’ ada tiga tradisi pedagogis dianggap sebagai pilar utama dari ‘social studies’ pada tahun 1970-an. Dalam definisi tersebut tersirat dan tersurat beberapa hal yaitu pertama social studies merupakan suatu sistem penegetahuan terpadu, kedua misi utama social studies adalah pendidikan kewarganegaraan dalam suatu masyarakat yang demokratis, ketiga sumber utama konteks social studies adalah social science dan humanisties, keempat dalam upaya penyiapan warga negara yang demokratis (Barr dkk, 1978) pada tahun 1980-1990-an pemikiran mengenal social studies yang sebelumnya di landa masalah, secara konseptual telah dapat diatasi.
Dilihat dari karakteristik dan tujuannya, social studies education dan social studies yang dipikirkan untuk abad ke-21 masih tetap menempatkan pendidikan kewarganegaraan yaitu Pengembangan Civic Responsibility and Active Civic Participation sebagai salah satu esensinya. Pada tahun 1992, The Board of Directors of The National Council For The Social Studies mengadopsi visi terbaru mengenai social studies yang kemudian diterbitkan dalam dokumen resmi NCSS pada tahun 1994 dengan judul Expectations of Excellence Curriculum Standars For Social Studies.
Pembahasan tentang pendidikan IPS  tidak bisa dilepaskan dari interaksi fungsional perkembangan masyarakat indonesia dengan sistem dan praktis pendidikannya. Interaksi fungsional disini adalah bagaimana perkembangan masyarakat mengimplikasikan terhadap tubuh pengetahuan pendidikan IPS turut memfasilitasi pengembangan aktor social dan warga negara yang cerdas dan baik, yang dapat memberikan  kontribusi yang bermakna terhadap perkembangan masyarakat indonesia. Pemikiran mengenai konsep pendidikan IPS di indonesia banyak dipengaruhi oleh pemikiran ‘social studies’ di Amerika Serikat Sebagai salah satu negara yang memiliki pengalaman panjang dan reputasi akademis yang signifikan dalam reputasi tersebut tampak dalam perkembangan pemikiran mengenai bidang itu seperti dapat disimak dari berbagai karya akademis yang di publikasikan National Council for The Social Studies (NCSS).
Konsep pendidikan di indonesia secara historis epistemologis terasa sangat sukar karena dua alasan yaitu di indonesia belum ada lembaga profesional bidang IPS sekuat pengaruh NCSS atau SSEC dan pembelajaran IPS sangat tergantung pada pemikiran individual atau kelompok pakar. Konsep IPS pertama kalinya masuk kedalam dunia persekolah pada tahun 1972-1973 yakni dalam kurikulum Proyek Printis Sekolah Pembangunan (PPSP) IKIP Bandung. Dalam kurikulum SD  8 tahun PPSP digunakan istilah, pendidikan kewarganegaraan /social studies sebagai mata pelajaran sosial terpadu.
Dalam kurikulum 1975 pendidikan IPS menampilkan empat profil yaitu diantaranya :
  1. Pendidikan Moral Pancasila menggantikan pendidikan kewarganegaraan yang mewadahi tradisi ‘citizensip transmission’.
  2.  Pendidikan IPS untuk SD 
  3. Pendidikan IPS terkonfederasi untuk SMP 
  4. Pendidikan IPS terpisah-pisah yang mencakup mata pelajaran sejarah, geografi dan ekonomi untuk SMA.
Dilihat dari perkembangan pemikiran yang berkembang di indonesia sampai saat ini pendidikan IPS terpilih dalam dua arah yaitu diantaranya :
  1. PIPS untuk dunia persekolahan yang pada dasarnya merupakan penyederhanaan dari ilmu-ilmu sosial dan humaniora yang diorganisasikan secara psiko-pedagogis untuk tujuan pendidikan persekolahan. 
  2. PDIPS untuk perguruan tinggi pendidikan guru IPS yang merupakan penyeleksian secara ilmiahdan meta psiko pedagogis dari ilmu sosial humaniora dan disiplin lain yang relevan untuk tujuan pendidikan profesional guru IPS.
          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar