Minggu, 09 Juni 2013

Analisis Buku Ecological Literacy Tentang Relationship


Analisis buku ini diambil dari buku  berjudul ”Ecological Literacy”, yang ditulis oleh Michael K. Stone dan Zenobia Barlow Diterbitkan oleh Sierra Club Books, di  San Francisco pada tahun 1991.   Buku  terdiri dari  terdiri dari 4 chapter, yakni pertama tentang Visi, kedua tentang tradisi dan tempat, ketiga hubungan, dan keempat aksi.

Buku ini berisikan berbagai saran praktis untuk mendeteksi dan memperbaiki masalah-masalah pembelajaran. Secara singkat dapat disimpulkan sebagai berikut :
"Ini adalah buku yang luar biasa, dimana Zenobia Barlow dan Michael K. Stone  menyajikan esai yang merangkul teori, filosofi dan praktek dengan semangat dan substansi Melek EkologiMendidik Anak-anak Kita untuk Sustainable World merupakan hadiah yang luar biasa untuk pendidik lingkungan di mana-mana."

Upaya Zenobia Barlow dan Michael K. Stone untuk membangun dunia yang berkelanjutan tidak dapat berhasil kecuali generasi mendatang belajar bagaimana untuk bermitra dengan sistem alami untuk saling menguntungkan. Dengan kata lain, anak-anak harus menjadi "melek ekologis." Konsep melek ekologi dikemukakan oleh buku ini pencipta, Pusat Ecoliteracy di Berkeley, California, melampaui disiplin pendidikan lingkungan. Hal ini bertujuan, kata David Orr dalam kata pengantarnya, "menuju transformasi lebih dalam substansi, proses, dan ruang lingkup pendidikan di semua tingkatan" familial, geografis, ekologi, dan politik.

Buku ini mengungkapkan karya yang luar biasa yang dilakukan oleh Pusat jaringan mitra. Dalam satu sekolah menengah, misalnya, kuliner ikon Alice Waters mendirikan sebuah program yang tidak hanya memberikan siswa makanan sehat tetapi mengajarkan mereka untuk taman-dan dengan demikian untuk mempelajari siklus hidup dan aliran energi. Tangan-lain proyek siswa dijelaskan di sini berkisar dari restorasi sungai dan eksplorasi DAS untuk menghadapi isu-isu keadilan lingkungan.

Dengan kontribusi dari para penulis terkemuka dan pendidik, Fritjof Capra seperti, Wendell Berry, dan Michael Ableman, Literasi Ekologis mencerminkan pemikiran terbaik tentang bagaimana dunia benar-benar bekerja dan bagaimana pembelajaran terjadi. Orang tua dan pendidik di mana-mana akan menemukan sumber tak ternilai.

Sebuah jaringan pendidikan laporan reformasi pada proyek-proyek yang melengkapi anak-anak sekarang dengan alat kesadaran ekologis dan sistem berpikir yang akan membantu manusia hidup lebih lestari di muka bumi besok.
Berdasarkan isi dari buku ecological literacy tersebut, kami membahas mengenai relationship. dimana relationship ini menjelaskan mengenai langkah-langkah revolusi: membangun iklim untuk perubahan, pembelajaran dalam konteks, kepemimpinan dan masyarakat belajar, mengubah segala sesuatu pemikiran dan kami bisa melakukannya : proyek STRAW, menaikan seluruh anak-anak untuk menyukai atau menggemari makanan yang sehat atau baik, diluar pabrik, pertanian dan pendidikan pabrik di sekolah, renungan pembelajaran dalam Apel. 

Untuk lebih jelasnya mengenai Analisis Buku Ecological Literacy tentang "Relationship" ini dipersilakan download link dibawah ini :
  1. Langkah-Langkah Revolusi: Membangun Iklim untuk Perubahan (Download)
  2. Ecological Literacy : Belajar Dalam Konteks (Download)
  3. Kepemimpinan dan Masyarakat Belajar (Download
  4. Mengubah Segala Sesuatu Pemikiran dan Kami Bisa Melakukannya : Proyek Straw (“It Changed Everything We Thought We Could Do” : The Straw Project (Download)
  5. Menaikan Seluruh Anak-anak Untuk Menyukai atau Menggemari Makanan yang Sehat atau Baik, Diluar Pabrik, Pertanian dan Pendidikan Pabrik di Sekolah (Download)
  6. Analisis dari Materi Relationship (Download)




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar