Analisis buku ini diambil dari buku berjudul ”Ecological
Literacy”, yang ditulis oleh Michael K. Stone dan Zenobia Barlow
Diterbitkan oleh Sierra Club Books, di San Francisco pada tahun
1991. Buku terdiri dari terdiri dari 4
chapter, yakni pertama tentang Visi, kedua tentang tradisi dan
tempat, ketiga hubungan, dan keempat aksi.
Buku ini berisikan
berbagai saran praktis untuk mendeteksi dan memperbaiki masalah-masalah
pembelajaran. Secara singkat dapat disimpulkan sebagai berikut :
"Ini adalah
buku yang luar biasa, dimana Zenobia Barlow dan Michael K. Stone menyajikan
esai yang merangkul teori, filosofi dan praktek dengan semangat dan substansi
Melek Ekologi. Mendidik Anak-anak Kita untuk Sustainable World merupakan hadiah yang luar biasa untuk
pendidik lingkungan di mana-mana."
Upaya Zenobia Barlow
dan Michael K. Stone untuk membangun dunia yang berkelanjutan tidak dapat
berhasil kecuali generasi mendatang belajar bagaimana untuk bermitra dengan
sistem alami untuk saling menguntungkan. Dengan kata lain, anak-anak harus
menjadi "melek ekologis." Konsep melek ekologi dikemukakan oleh buku
ini pencipta, Pusat Ecoliteracy di Berkeley, California, melampaui disiplin
pendidikan lingkungan. Hal ini bertujuan, kata David Orr dalam kata
pengantarnya, "menuju transformasi lebih dalam substansi, proses, dan ruang
lingkup pendidikan di semua tingkatan" familial, geografis, ekologi,
dan politik.
Buku ini mengungkapkan karya yang luar biasa yang
dilakukan oleh Pusat jaringan mitra. Dalam satu sekolah menengah, misalnya,
kuliner ikon Alice Waters mendirikan sebuah program yang tidak hanya memberikan
siswa makanan sehat tetapi mengajarkan mereka untuk taman-dan dengan demikian
untuk mempelajari siklus hidup dan aliran energi. Tangan-lain proyek siswa
dijelaskan di sini berkisar dari restorasi sungai dan eksplorasi DAS untuk
menghadapi isu-isu keadilan lingkungan.
Dengan kontribusi dari para penulis terkemuka dan pendidik, Fritjof Capra
seperti, Wendell Berry, dan Michael Ableman, Literasi Ekologis mencerminkan
pemikiran terbaik tentang bagaimana dunia benar-benar bekerja dan bagaimana
pembelajaran terjadi. Orang tua dan pendidik di mana-mana akan menemukan sumber
tak ternilai.
Sebuah jaringan pendidikan laporan reformasi pada proyek-proyek yang
melengkapi anak-anak sekarang dengan alat kesadaran ekologis dan sistem
berpikir yang akan membantu manusia hidup lebih lestari di muka bumi besok.
Berdasarkan isi dari buku ecological literacy tersebut, kami membahas
mengenai relationship. dimana relationship ini menjelaskan mengenai langkah-langkah revolusi: membangun iklim untuk perubahan, pembelajaran dalam konteks, kepemimpinan dan
masyarakat belajar, mengubah segala sesuatu pemikiran dan kami bisa melakukannya : proyek STRAW, menaikan seluruh
anak-anak untuk menyukai atau menggemari makanan yang sehat atau baik, diluar
pabrik, pertanian dan pendidikan pabrik di sekolah, renungan pembelajaran dalam Apel.
Untuk lebih jelasnya
mengenai Analisis Buku Ecological Literacy tentang "Relationship" ini
dipersilakan download link dibawah ini :
- Langkah-Langkah Revolusi: Membangun Iklim untuk
Perubahan (Download)
- Ecological
Literacy : Belajar Dalam Konteks (Download)
- Kepemimpinan dan Masyarakat Belajar (Download)
- Mengubah
Segala Sesuatu Pemikiran dan Kami Bisa Melakukannya : Proyek Straw (“It Changed Everything We Thought We Could
Do” : The Straw Project (Download)
- Menaikan
Seluruh Anak-anak
Untuk Menyukai atau
Menggemari Makanan yang
Sehat atau
Baik, Diluar Pabrik, Pertanian dan Pendidikan Pabrik di Sekolah (Download)
- Analisis dari
Materi Relationship (Download)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar