Rabu, 05 Juni 2013

Pengertian Penilaian Pendidikan


Penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik ( Permendiknas No 20 Tahun 2007 tentang Standar penilaian Pendidikan huruf A nomor 2 ). Sedangkan penilaian hasil belajar peserta didik dilaksanakan berdasarkan standar penilaian pendidikan yang berlaku secara nasional.
BSNP (2007:3 ) mengemukakan bahwa penilaian pendidikan adalah proses untuk mendapatkan informasi  tentang prestasi atau kinerja peserta didik. Hasil penilaian digunakan untuk melakukan evaluasi terhadap ketuntasan belajar peserta didik dan efektivitas proses pembelajaran.
Fokus penilaian pendidikan adalah keberhasilan belajar peserta didik dalam mencapai standar kompetensi yang ditentukan. Pada tingkat mata pelajaran, kompetensi yang harus dicapai berupa Standar Kompetensi (SK) mata pelajaran yang selanjutnya dijabarkan dalam Kompetensi  Dasar ( KD ). Untuk tingkat satuan pendidikan, kompetensi yang harus dicapai peserta didik adalah SKL.
Berdasarkan penjelasan diatas, penilaian pendidikan memerlukan informasi yang diandalkan sebagai  dasar pengambilan keputusan. Dalam hal ini, keputusan berhubungan dengan sudah atau belum berhasilnya peserta didik dalam mencapai suatu kompetensi. Jadi, penilaian sangat penting dalam pelaksanaan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ( KTSP ) yang berbasis kompetensi, serta menentukan kualitas dan perkembangan mutu dari satuan pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar